Header Ads

5 Al-Quran Yang Memiliki Desain Unik

1. The Golden Tooling, A-Quran dari Emas
sebuah keluarga kaya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab menyimpan Alquran yang "istimewa" .mereka miliki sebuah Al-Quran yang terbuat dari emas. Tak hanya itu, usia Alquran milik keluarga Mohammad Haris tersebut telah berusia 500 tahun

Benda itu merupakan warisan keluarga yang diberikan di Malaysia pada tahun 2009. Konon The Golden Tooling Quran dibuat selama pemerintahan Ottoman masih berkuasa.The Golden Tooling Quran berasal dari sekitar abad 16 sampai 18. Tercatat bahwa orang-orang Arab membawa The Golden Tooling Quran ke China pada masa pemerintahan Kekaisaran Ottoman sebelum akhirnya dibawa ke Malaysia di tahun 1971.

2.  Al-Akbar Quran, Al-Quran Raksasa
Al Quran Al-Akbar atau yang juga sering disebut Al Quran Raksasa yang berada di kota Palembang ini memiliki desain yang cukup unik. ayat suci dari Al-Quran Al-Akbar dipahat/diukir ala khas Palembang dalam lembar kayu dan menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu dengan biaya tidak kurang Rp 2 miliar, dimana masing-masing lembar ukuran halamannya 177 x 140 x 2,5 sentimeter dan tebal keseluruhannya termasuk sampul mencapai 9 meter.

3. Al-Quran dari beton
ini adalah Alquran yang terbuat dari lempengan baja stainless milik Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mushaf Alquran yang dibuat oleh sembilan ulama Jawa dan terdiri dari 30 juz tersebut diklaim sebagai yang terberat di dunia yakni mencapai 1,2 ton.

4. Al Qur-an Terpanjang Di Dunia
Al-Quran milik Saad Mohammed Yadawi diklaim sebagai Al-Quran terpanjang di dunia yang Memiliki panjang sekitar 700 meter. Saad membuat Al-Quran ini selama 3 Tahun lamanya dengan tulis tangan dimana biaya pembuatan dikeluarkan dari kantongnya sendiri.
 
5. Al-Quran dari Sutera Hitam
 
Dalam lembaran sutera hitam, Tunza Memmedzade, seorang seniman dari Azerbaijan, menghabiskan tiga tahun untuk menuliskan kembali 6.666 ayat Al-Quran dengan tinta emas. ia mulai menuliskan ayat-ayat Alquran dengan menggunakan tinta emas di atas sutra berukuran 28x33 cm. Alquran ini menghabiskan 50 meter sutra hitam, tiga kaleng tinta emas, dan perak yang tersebar di berbagai halaman.

Tidak ada komentar